SETES DARAH KITA BERHARAGA UNTUK BANYAK NYAWA, DONOR DARAH MAN LUMAJANG

WhatsApp Image 2021-03-31 at 08.31.09 (1)

Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk Transfusi darah. Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung. Penyumbangan darah biasa dilakukan rutin di Unit Donor Darah (UDD) PMIPusat maupun Unit Donor Darah di daerah. Dan setiap beberapa waktu, ada pula penggalangan penyumbangan darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, perusahaan tempat ibadah, serta Sekolah dan universitas secara sukarela.

WhatsApp Image 2021-03-31 at 08.31.09

Dalam hal ini Organisasi Kesehatan di MAN Lumajang menyelenggarakan kegiatan Donor Darah tersebut pada hari Rabu, 31 Maret 2021 bertempat di ruang Usaha Kesehatan Madrasah/Sekolah (UKM/S). Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Cabang Lumajang dengan bertemakan ” Setetes Darah Kita Berharga untuk banyak Nyawa”. Kegiatan ini di ikuti oleh ustadz dan ustadzah MAN Lumajang serta seluruh siswa-siswi yang memasuki klasifikasi lolos persyaratan yang diperbolehkan donor darah. Untuk dapat menyumbangkan darah, seseorang mengisi formulir pendaftaran dan secara umum harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Calon penyumbang harus berusia 17-65 tahun,
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Kadar hemoglobin >12,5 gr% sampai dengan 17,0g%
  • Tekanan darah (sistol) 100-170 mmHg dan (diastol) 70-100 mmHg
  • Suhu tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius
  • Tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofolia)
  • Denyut nadi antara 50-100 kali/menit
  • Rentang waktu penyumbang minimal 8 minggu atau 2 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 6 kali dalam 1 tahun)

Menurut ustadzah Hikmah Luluk Ahadiyah, S.Pd.I selaku pembina Organisasi Kesehatan MAN Lumajang menyampaikan bahwa target dari Donor Darah kali ini adalah sebanyak 30 Kantong, akan tetapi pada kesempatan kali ini hanya memperoleh 29 kantong. ” Walau sebenarnya target kami 30 tapi kami bersyukur sudah mendapatkan 29 kantong. Karena memang KBM Tatap Muka ini di ikuti siswa secara bergantian sesuai absensinya ” tutur beliau. Kegiatan ini juga tetap menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid 19. (Mz Zoe)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>