WORKSHOP PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK MAN LUMAJANG

Pembukaan Workshop

Senin, 22 Juni 2020 bertempat di Ruang Kelas XI MIPA 1 dan Ruang Guru MAN Lumajang diselenggarakan Workshop yang diikuti oleh Tenaga Pendidik MAN Lumajang, Workshop kali ini mengusung tema ” Optimalisasi E-Leraning Madrasah di tengah Era New Normal Covid 19″. Kegiatan ini dibagi dengan beberapa sesi yang dilaksanakan 22 s.d 23 Juni 2020.

E-Leraning Madrasah merupakan produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang Proses Pembelajaran di Madrasah mulai dari tingkatan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.

E-Learning Madrasah memiliki 6 Role akses diantaranya :

  1. Operator Madrasah (Administrator)
  2. Guru Mata Pelajaran
  3. Guru Bimbingan Konseling
  4. Wali Kelas
  5. Siswa
  6. Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)

“Dalam e-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat,” Tutur Ust. H. Yayok Wahyudi, M.KPd selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dalam sambutannya kepada peserta Workshop.

IMG_9255

Fitur tersebut antara lain Kelas Online. Fitur Kelas Online ini berisi berbagai konten. Mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor. Fitur berikutnya Guru Berbagi. Fitur guru berbagi ini adalah platform yang akan menampung kreativitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat. Nantinya guru tinggal mengunggah informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai unggahan tersebut. Kemudian yang ketiga Forum Komunitas Madrasah. Dalam e–Learning Madrasah ini, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi, karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. (mz zoe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>