MAN Lumajang– Ada saja ide cerdas anak-anak jurusan agama MAN Lumajang. Hari Rabu (14/05/2014) yang lalu  siswa kelas XI dan kelas XII agama mengadakan acara Jaulatul Qolbi. Acara yang dikemas dengan pelatihan dan tadabur alam itu diikuti oleh 60 peserta dari kelas X dan kelas XI.

saat di pintu masuk lokasi air terjun

“Ide ini murni dari kelas XI dan XII agama. Kita ingin menunjukkan bahwa kita mampu dan punya kreatifitas” tutur Fadiyah Rafidah siswi kelas XI Agama. Kegiatan Jaulatul Qolbi sendiri sebenarnya lahir dari keinginan kelas agama untuk mendalami materi inti keagamaan dengan berinteraksi langsung dengan alam.

saat bakti sosial di Musholla Tawonsongo

Bertempat di Balai Desa Pasrujambe, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14-15 Mei 2014. Selama kegiatan berlangsung peserta tampak sangat riang dan antusias mengikuti setiap materi. Tak terkecuali materi terakhir yaitu belajar dengan alam yang ditempatkan di air terjun tawonsongo. Seluruh peserta berkumpul untuk menerima materi kemudian dilanjutkan dengan outbond.

Secara spesifik kegiatan berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari seluruh peserta. Walaupun di sana sini masih terdapat banyak kekurangan. “Alhamdulillah berjalan lancar, tapi karena ini perdana dan keterbatasan panitia masih ada kendala di sana sini terutama soal tempat dan konsumsi. Apalagi kegiatan ini tidak ada dana sepeserpun dari sekolah” tutur Canda Koordinator Seksi Kegiatan dalam acara ini.

out bond

Ya, awalnya tempat JQ di Loji kemudian diganti di SD Pasrujambe dan akhirnya dibalai desa Pasrujambe.

bersama merenungi ciptaan Allah

Semoga kegiatan semacam ini membawa manfaat bagi seluruh peserta. Selamat buat kelas XI dan XII Agama._One

Leave a Comment