News – Flash disk bagi sebagian orang merupakan media yang bersifat pribadi, meskipun tidak sedikit pengguna flash disk yang membiarkan data mereka terumbar oleh siapapun. Barangkali bukan sesuatu yang salah, jika memang flash disk yang digunakan secara berjamaah tidak tersimpan data-data yang bersifat pribadi.

Cara mudah mengamankan Flash Disk tanpa menggunakan Software, namun bagi Pengguna yang menyimpan berbagai macam data yang rahasia seperti kumpulan password, data skripsi (wajib disimpan), dokumen penting dan lain sebagainya, penting sekali untuk menutup akses orang lain ke flash Pengguna guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk dapat menutup akses orang lain ke flash disk dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama menggunakan software dan yang kedua dengan menggunakan trik berikut ini, tanpa software apapun.

  •     Jalankan aplikasi notepad Pengguna, Start Menu – All Program – Accessories – Notepad.
  •     Sebelumnya pastikan flash disk Pengguna telah tersambung ke komputer.
  •     Copy dan paste kode berikut ke halaman notepad Pengguna:

    Windows Registry Editor Version 5.00
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
    “WriteProtect”=dword:00000001

  •     Simpan dokumen notepad tersebut ke dalam flash disk dengan nama bebas namun dengan ekstensi .reg

  •     Setelah tersimpan, tutup jendela notepad.
  •     Buka Windows Explorer dan buka flash disk Pengguna, klik dua kali file notepad yang Pengguna simpan tadi lalu klik Yes.

  • Selanjutnya silahkan Restart komputer Pengguna.
  • Sekarang flash disk Pengguna telah terlindungi dari akses siapapun, jika seseorang mencoba untuk mengcopy atau memodifikasi data yang terdapat di dalamnya maka akan muncul teks peringatan sebagai berikut Media is write-Protected.

Lalu Bagaimana cara membuka kunci agar kita dapat kembali menyimpan atau memodifikasi data di dalamnya? Ini dia caranya

1. Jalankan aplikasi Notepad

2. Copy Script registry berikut dan paste-kan ke dalam notepad Pengguna:

Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
“WriteProtect”=dword:00000000

3.  Simpan file tersebut dengan nama sembarang, selama Pengguna dapat mengingatnya sebagai file pembuka kunci dengan ekstensi .reg

4.  Tutup file notepad dan jalankan kembali file tersebut melalui flash disk Pengguna lalu klik tombol yes pada jendela dialog yang muncul dan terakhir restart komputer Pengguna.

5.  Setelah komputer Pengguna hidup kembali, maka flash disk dapat Pengguna pergunakan seperti biasa. Untuk mengaktifkan kunci, silahkan buka file notepad yang Pengguna simpan sebelumnya pada langkah pembuatan kunci. Selamat mencoba.

Leave a Comment