Laptop adalah jenis komputer portable yang mengandalkan sumber tenaga dari dua piranti yang berbeda, yaitu baterai dan kabel. Laptop untuk penggunaan portable memerlukan baterai sedangkan untuk penggunaan statis di suatu tempat dapat menggunakan kabel seperti halnya komputer desktop pada umumnya. Baterai pada laptop adalah piranti yang sangat penting. Dengan adanya baterai laptop dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Namun, seringkali justru baterai laptop lah yang menjadi bagian yang mudah rusak dari sebuah laptop. Banyak pengguna laptop yang mengaku mengalami kerusakan pada baterai setelah satu tahun penggunaan. Mengingat pentingnya peran baterai pada laptop, maka perawatan baterai laptop agar awet dan mampu bekerja dengan baik sangat diperlukan. Berikut ini kami memberikan beberapa tips singkat yang dapat Anda aplikasikan untuk merawat baterai laptop.

Hindari Baterai Kosong
Pertama-tama yang perlu Anda lakukan agar baterai laptop Anda dapat bertahan lama adalah selalu waspada terhadap peringatan otomatis yang muncul di layar laptop ketika baterai harus segera diisi ulang atau di-charge. Hindari baterai kosong hingga 0% atau hingga laptop mati dengan sendirinya. Namun, ada hal penting yang harus Anda perhatikan saat melakukan isi ulang daya baterai. Salah satunya adalah sebisa mungkin Anda harus menghindarkan laptop Anda dari aktivitas berat saat proses charging sedang berlangsung. Anda disarankan untuk tidak menggunakan laptop Anda untuk bermain game, download file, atau menonton film. Memaksa laptop Anda melakukan aktivitas berat tersebut saat baterainya sedang diisi ulang dapat menurunkan kualitas dan performa si baterai itu sendiri. Selain itu selalu mencabut kabel charger saat tanda baterai penuh sudah muncul juga tak kalah penting untuk dilakukan

Hindari Suhu Terlalu Panas
Hal selanjutnya yang patut Anda lakukan berkaitan dengan perawatan baterai laptop adalah menghindarkan laptop Anda dari suhu yang terlalu panas. Suhu laptop yang terlalu panas dapat mempengaruhi performa baterainya. Anda dapat menggunakan cooling pad untuk menjaga suhu laptop Anda. Selain itu, alangkah baiknya bila Anda menggunakan laptop Anda sewajarnya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. 5 jam adalah waktu yang paling maksimal untuk mengoperasikan laptop Anda sebelum Anda harus mengisi ulang baterainya.

Lepas Baterai Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama
Jika Anda sedang tidak ingin menggunakan laptop dalam waktu lama ada baiknya Anda melepas baterai dari laptop Anda. Anda bisa menyimpan baterai tersebut dalam wadah yang kering, tertutup, dan terlindung dari paparan sinar matahari. Namun, sebelum Anda melepas dan menyimpan baterai secara terpisah dari laptop Anda, Anda wajib mengisinya hingga penuh sehingga ketika Anda ingin menggunakannya kembali daya baterai laptop Anda tidak akan drop.

Mempertahankan performa dan daya tahan masing-masing baterai laptop sebenarnya tidak susah, namun banyak pengguna laptop yang belum tahu bagaimana perawatan baterai laptop yang benar. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan jika Anda tidak ingin repot membeli baterai laptop baru adalah dengan memperhatikan kebutuhan baterai laptop Anda, kapan si baterai harus diisi ulang dan kapan laptop Anda harus instirahat.

Leave a Comment