https://manlumajang.sch.id/, HUMAS-Sebagai bagian dari Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) KHAS Jember menjalani Monitoring dan Evaluasi (Monev) di MAN Lumajang. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah mitra dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Senin (29/04/2024).

Dalam monev yang dilaksanakan, mahasiswa PLP UIN KHAS Jember terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengamati, mengevaluasi, dan memberikan rekomendasi terkait dengan proses pembelajaran di MAN Lumajang. Melalui pengalaman ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam praktik di lapangan, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di sekolah tersebut.

Dr. Mukaffan, M.Pd.I Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa PLP UIN KHAS Jember di MAN Lumajang menyampaikan rekomendasi dari adanya Monev mahasiswa hari ini.

“jadi mereka sudah melakukan perkembangan saya lihat sudah memiliki performa yang awalnya masih sangat tampak mahasiswanya dan sekarang sudah tampak keguruannya, kami juga sudah melihat performa mahasiswa dan juga dari pembuatan RPP yang kami nilai sudah baik tinggal mereka nantinya Menyusun laporan,” ungkapnya.

Pihak MAN Lumajang menyambut baik kehadiran mahasiswa PLP dari UIN KHAS Jember, menganggapnya sebagai kesempatan untuk mendapatkan masukan dan gagasan segar dari generasi muda yang bersemangat. Mereka berharap kolaborasi ini dapat membawa dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa PLP juga berkesempatan untuk mengembangkan keterampilan, kepemimpinan, dan kerjasama tim, yang merupakan kompetensi penting dalam dunia kerja. Dengan demikian, monev ini tidak hanya memberikan manfaat bagi sekolah mitra, tetapi juga bagi perkembangan pribadi mahasiswa sebagai calon pendidik yang profesional dan berkualitas.

Siti Fatimatus Zahro mahasiswa PLP UIN KHAS Jember jurusan MPI menyampaikan pada humas MAN Lumajang saat dikonfirmasi adanya arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“kami diberikan arahan disiplin, mengikuti aturan dimadrasah,diberi motivasi tetap semangat, dan kami diberikan arahan untuk segera membuat laporan dan kami juga diberikan arahan untuk dapat mencari judul skrispi,” ungkapnya

Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd Kepala MAN Lumajang menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Monev mahasiswa PLP UIN KHAS Jember di MAN Lumajang

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran DPL yang melakukan monitoring terhadap mahasiswa UIN KHAS Jember yang melaksanakan PLP di MAN Lumajang, ini merupakan hal yang luar biasa dan saya yakin dengan kehadiran 5 mahasiswi dan 1 mahasiswa dan mengabdikan diri di MAN Lumajang selama 4 bulan ini merupakan tambahan SDM dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik dan ucapan terima kasih kepada UIN khas Jember yang sudah mempercayakan kepada MAN Lumajang, untuk mahasiswa dan mahasiswi dalam rangka menerima dan harapan kami di tahun yang akan datang akan bertambah lagi jumlahnya yang diberikan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, semoga kerjasama Kita antara administrasi Jember dengan MAN Lumajang bertambah eksis,” Pungkasnya. (TF)

Leave a Comment