Nuzulul Quran adalah malam diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al Quran. Ayat pertama Alquran yang turun adalah surat Al-Alaq 1-5 saat Nabi sedang menyepi di gua Hira, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Makkah. Peringatan Nuzulul Qur’an ini dilaksanakan setiap tanggal 17 Ramadhan di setiap tahunnya sebagai momentum rasa syukur kita diberikan penerang dalam kehidupan yakni melalui turunnya Al Qur’an.

Ada berbagai macam cara kaum muslimin dalam rangka memperingati hari turunnya Al Qur’an kepada umat manusia, ada yang menyelenggarakan Khotmil Qur’an, Tadarus Al Qur’an, Pengajian Umum, Kajian Keislaman dan lain-lain. Hal ini juga tak lepas dari pelaksanaan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H di MAN Lumajang yang dipelopori dan diselenggarakan oleh Organisasi Kesiswaan Remaja Islamic Centre (Remister) MAN Lumajang yang bekerjasama dengan Laboratorium Agama di MAN Lumajang dengan melaksanakan kegiatan Khotmil Qur’an 30 Juz dengan di motori oleh Santri dan Santriwati Program Tahfidzul Qur’an MAN Lumajang.

Sebelum pelaksanaan Khotmil Qur’an, Kepala MAN Lumajang membuka kegiatan tersebut dengan memberikan beberapa kalimat motivasi serta bertausyiah tentang Nuzulul Qur’an. ” Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat muslim, Kenapa Nuzulul Qur’an harus dilaksanakan? Yang jelas kita sebagai umat islam harus bangga karena Al Qur’an yang merupakan Kitab suci dari 4 Kitab Samawi yakni Taurat, Zabur, injil dan yang terakhir Al Qur’an serta Al Qur’an juga merupakan Mu’jizat dari Nabi Muhammad saw.”

Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H ini mengusung tema : ” Mari kita jadikan Kitab Suci AL Qur’an yang penuh keberkahan sebagai pedoman dan lentera menuju kehidupan yang penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swt.” (mz zoe)

Leave a Comment