MAN Lumajang tidak mau ketinggalan dalam hal berinovasi meningkatkan kemampuan peserta didikanya hal ini terbukti dengan diadakannya TOEIC pada tanggal 10 -11 Juni 2022 dengan durasi waktu 2 jam atau 120 menit. Untuk tanggal 10 Juni 2022 dilaksanakan secara Offline dengan di ikuti oleh siswa kelas MIPA 6 dan untuk tanggal 11 Juni 2022 di ikutioleh seluruh kelas X (Sepuluh) dilaksanakan secara online

TOEIC merupakan kepanjangan dari Test of English for Internasional Communication. TOEIC ini digunakan untuk mengukur level english kita sebagai sarana komunikasi sehari-hari dan di dunia kerja.

TOEIC mengukur kemampuan kita dalam beberapa aspek, yaitu listening, reading, writing, dan speaking, serta pengetahuan dasar tentang bahasa inggris yang digunakan dalam dunia kerja. Pada dasarnya, TOEIC memang cenderung lebih mudah dibandingkan tes lainnya. Tidak seperti academic english yang diujikan pada TOEFL dan IELTS, TOEIC lebih banyak mengujikan general dan business english. Sehingga soal bahasa inggris dalam TOEIC banyak yang berasal dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum dilaksanakannya TOEIC tingkat dasar ini, MAN Lumajang sudah melaksanakan pembinaan secara mandiri oleh Mahasiswa/Mahasiswi Praktek dari Universitas Negeri Malang selama bulan April 2022 dan Mei 2022 sebanyak 5 kali pembinaan. Pelaksanaan TOEIC tingkat dasar ini bekerjasama dengan Global House Malang.

Menurut Ustadzah Imatul Khosiah selaku pembimbing dan Guru Bahasa Inggris di MAN Lumajang menyampaikan bahwa pelaksanaan TOIEC tingkat dasar ini adalah sebagai metode agar siswa/siswi MAN Lumajang mampu dan menguasai Bahasa Inggris. “ Harapan saya anak-anak selain mampu dalam Speaking, anak-anak juga mampu dalam Prakteknya dengan nilan memuaskan dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya akn TOEFL “ tutur beliau.

Dalam TOIEC hari ini nilai yang tertinggi diraih oleh Syadza Ulyada Sabila dengan nilai 79 dan Ananda Riezkya dengan nilai 78 dari kelas MIPA 6.

“ ini masih nilai sementara, nilai sertifikat nanti akan muncul dari Global House, sekarang asih proses “ tutur Ustadzah Ima.

Dalam pelaksanaan TOIEC hari pertama juga diikuti oleh Bapak Kepala MAN Lumajang Ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi. (mz zoe)

Leave a Comment