MAN Lumajang-Sebagai bangsa Indonesia tahu bahwa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Peringatan ini merupakan hari bersejarah untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang berperang di medan Surabaya pada tahun 1945. Namun, masih sedikit yang mengetahui makna dari hari pahlawan. Makna hari pahlawan khususnya bagi para pelajar adalah sebagai bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan yang telah mempertahankan bangsa Indonesia dari para penjajah karena perjuangannyalah kita dapat bersekolah.

Kamis tanggal 10 November 2022 Kepala MAN Lumajang ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi beserta seluruh civitas akademika MAN Lumajang dan seluruh siswa-siswa mengikuti apel peringatan hari pahlawan dengan khidmat di lapangan madrasah. Peringatan apel tahun ini dilakukan dengan menggunakan pakaian adat dan pakaian pahlawan sebagai bentuk refleksi untuk mengenang jasa para pahlawan.

Kepala MAN Lumajang ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi, memberikan amanat pada apel peringatan hari pahlawan. Salah satu cara memaknai hari pahlawan dengan datang tepat waktu dan mengisi kegiatan-kegiatan dengan hal-hal yang positif.

“Bagaimana cara kita memaknai hari pahlawan? Memaknai hari pahlawan yang pertama adalah dengan disiplin, datang tepat waktu dan yang kedua adalah isilah dengan kegiatan-kegiatan positif sebagai pahlawan pendidik dan peserta didik,” ungkap beliau.

Pada kesempatan apel peringatan hari pahlawan 10 November 2022 kepala MAN Lumajang memberikan apresiasi kepada peserta apel yang memakai kostum sama dengan beliau. ustadz Nanang Sulistyo merupakan salah satu yang menerima aprisiasi tersebut, serta 2 siswa.

Tak hanya itu, beliau juga memberikan apresiasi kepada protabus yang telah sukses membuat design kostum pahlawan untuk dikenakan kepala MAN Lumajang saat mengikuti apel peringatan hari pahlawan 10 November 2022. Kamis (10/11/2022) (TF)

 

Leave a Comment