HUMAS-Aula Kemenag Lumajang hari ini menjadi saksi pelaksanaan sosialisasi penulisan blangko ijazah yang dipimpin oleh Ketua KKMA Kabupaten Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd., yang juga menjabat sebagai Kepala MAN Lumajang. Kegiatan ini dihadiri oleh 77 penulis ijazah dari berbagai Madrasah Aliyah (MA), serta 7 pengurus KKMA, Selasa (21/05/2024).

Dalam sambutannya, Edi Nanang menekankan pentingnya ketepatan dan ketelitian dalam penulisan blangko ijazah. “Penulisan blangko ijazah harus tepat waktu, jangan sampai salah. Jika terjadi kesalahan, Kepala MA dan Kepala Kemenag harus menghadap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur,” tegasnya.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Kasi Pendma Kemenag Lumajang, Hasanudin, S.Ag., M.Pd.I., yang memberikan apresiasi tinggi kepada pengurus KKMA atas kinerja mereka yang cepat dan tuntas. “Pelayanan berbasis digital sesuai dengan program Mas Menteri Agama RI adalah suatu keharusan. Blangko ijazah bisa terisi dengan benar jika data di PDUM diisi dengan jelas. Blangko ijazah harus terisi paling lambat dalam satu bulan,” jelasnya.

Hasanudin juga menekankan pentingnya prosedur yang ketat dalam proses penulisan ijazah, termasuk dokumentasi cap tiga jari siswa dengan surat edaran resmi dari lembaga masing-masing. “Langkah awal seorang penulis harus dimulai dari data lengkap siswa. Setelah penulisan, cap tiga jari, tanda tangan kepala MA, dan kemudian ijazah dibagikan kepada murid sesuai regulasi,” tambahnya.

Dalam sesi teknis, blangko ijazah dibagikan kepada peserta untuk dihitung dan diperiksa guna memastikan tidak ada kerusakan. Peserta diinstruksikan untuk mencatat data penting seperti nama siswa, tempat dan tanggal lahir, alamat, nama orang tua, nama madrasah, serta menggunakan pena berkualitas baik. Foto siswa, stempel, dan tanda tangan kepala MA juga harus diperhatikan dengan seksama.

“Blangko ijazah yang salah jangan diotak-atik, ini adalah komitmen mutu,” ujar Hasanudin menutup arahannya.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas penulisan ijazah di lingkungan MA Lumajang, serta mendukung implementasi layanan berbasis digital di era modern ini. (TF)

Leave a Comment