https://manlumajang.sch.id/, HUMAS-Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Genap tahun pelajaran 2023/2024 di MAN Lumajang mendapatkan perhatian serius dari Pengawas Bina Madrasah Aliyah Kabupaten Lumajang, Mokhammad Arifi, SE., MM. Kunjungan monitoring dilakukan untuk memastikan bahwa proses asesmen berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan yang diharapkan, Rabu (29/05/2024).

Mokhammad Arifi, SE., MM., tiba di MAN Lumajang langsung melakukan peninjauan ke berbagai ruang ujian. Selama kegiatan monitoring, beliau mengamati kesiapan teknis, pelaksanaan prosedur ujian, serta kehadiran dan kesiapan siswa. Dalam kesempatan tersebut, Arifi juga berinteraksi dengan panitia pelaksana dan para guru untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai pelaksanaan ASAS.

“Terkait dengan monitoring pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Genap ini tidak ditemukan hal-hal yang tidak baik artinya apa yang saya berikan terkait dengan lembar monitoring itu sudah sesuai dengan ketentuan,” ungkap Pengawas Bina Mokhammad Arifi, SE., MM.

Arifi memberikan apresiasi dan harapan atas persiapan yang dilakukan oleh MAN Lumajang dalam menyelenggarakan ASAS ini. Beliau menilai bahwa kesiapan sarana dan prasarana, serta profesionalisme panitia dan guru, sangat baik. “Harapan saya selaku Pengawas Bina¬† untuk panitia pelaksanaan ASAS tahun 2024 harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Selain meninjau pelaksanaan ujian, Mokhammad Arifi juga memberikan motivasi kepada para siswa. Beliau menekankan pentingnya menjaga integritas dan kejujuran dalam mengerjakan soal-soal ujian. “Semangat , dan jangan lupa untuk terus belajar dan meminta doa restu orang tua itu yang paling utama, sukses selalu buat kalian,” pesan Arifi kepada para siswa.

Kepala MAN Lumajang Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd juga menyampaikan terimakasihnya atas monitoring ujian di MAN Lumajang yang merupakan bentuk perhatiannya pada madrasah.

“Ucapan terima kasih kepada bapak pengawas Bina Man Lumajang Muhammad Arifi, MM, yang telah hadir dalam kegiatan monitoring ASAS atau PAT ( penilaian akhir tahun ), saya kepala MAN Lumajang kegiatan ASAS atau PAT bisa berjalan lancar dengan menggunakan aplikasi digital dengan sarana yang sudah memenuhi standar menuju Madrasah digital,” terang Edi Nanang Sofyan Hadi

Kegiatan monitoring ini diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif bagi MAN Lumajang untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan asesmen di masa mendatang. Hasil dari monitoring ini juga akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki dan menyempurnakan prosedur pelaksanaan ASAS di tahun-tahun berikutnya.

Dengan adanya monitoring dari Pengawas Bina Mokhammad Arifi, SE., MM., diharapkan pelaksanaan ASAS Genap tahun pelajaran 2023/2024 di MAN Lumajang dapat berjalan dengan lebih baik, tertib, dan menghasilkan output yang berkualitas. (TF)

4 Thoughts to “Pengawasan Profesional: Mokhammad Arifi, SE., MM. Pantau Pelaksanaan ASAS Genap MAN Lumajang”

  1. Yayok Wahyudi

    ASAS (asesemen sumatif akhir semester) berbasis android dg aplikasi UKS semi online dg LAN yang diselenggarakan MAN Lumajang lancar dan sukses. Dg instrumen asesmen yang berliterasi, semoga memberikan pengalaman dan dampak kepada peserta didik dlm upaya meningkatkan motivasi belajarnya dan ilmu pengetahuannya.
    MAN Lumajang Mandiri Berprestasi Mendunia

    1. semoga dengan penggunanaan ujian berbasis digital, semakin memacu madrasah untuk semangat menjadikan MAN Lumajang sebagai madrasah digital..aamiin.

  2. Yayok Wahyudi

    Sukses selalu ASAS (asesemen sumatif akhir semester) MAN Lumajang 2024 berdampak positif utk perkembangan ilmu pengetahuan peserta didik

    1. aamiin..terimakasih ustadz atas do’anya

Leave a Comment