http://manlumajang.sch.id, HUMAS-Kepala MAN Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd., melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua stakeholder di MAN Lumajang pada akhir semester genap tahun ajaran 2023/2024. Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen di madrasah, serta mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi tantangan ditahun ajaran 2024-2025, Selasa (11/06/2024).

Dalam acara yang berlangsung di aula MAN Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi menyampaikan berbagai capaian dan tantangan yang telah dihadapi oleh madrasah sepanjang tahun ajaran 2023-2024 ini. Ia mengapresiasi kerja keras seluruh guru, staf, dan siswa yang telah berkontribusi positif dalam berbagai aspek, mulai dari peningkatan prestasi akademik, non akademik hingga kegiatan ekstrakurikuler.

“Kita telah melihat banyak kemajuan signifikan, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Namun, kita juga harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk mencapai visi dan misi madrasah,” ujar Edi Nanang

Beberapa poin penting yang dibahas dalam evaluasi ini meliputi:

1. Prestasi Akademik dan Non-Akademik: Kepala MAN Lumajang menyoroti peningkatan prestasi siswa dalam berbagai kompetisi tingkat daerah dan nasional. Ia juga menekankan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pengajaran di semua mata pelajaran.

2. Kualitas Pengajaran: Edi Nanang memberikan masukan terkait metode pengajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi. Ia juga mengajak para guru untuk terus mengembangkan diri melalui pelatihan dan workshop.

3. Manajemen dan Administrasi: Evaluasi juga mencakup aspek manajemen dan administrasi madrasah. Kepala MAN Lumajang mengapresiasi kinerja staf administrasi yang telah bekerja dengan baik, namun menekankan perlunya peningkatan efisiensi, akuntabilitas, dan komitmen bekerja sesuai dengan sop yang telah diberikan.

4. Kegiatan Ekstrakurikuler: Dalam hal ini, Edi Nanang mengapresiasi beragam kegiatan ekstrakurikuler yang telah diadakan, serta mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti dan mengembangkan kegiatan tersebut.

5. Sarana dan Prasarana: Evaluasi juga mencakup peninjauan terhadap kondisi sarana dan prasarana madrasah. Edi Nanang menekankan pentingnya perawatan dan pengembangan fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif.

6. Keamanan dan Kebersihan Madrasah: Edi Nanang juga memberikan evaluasi pada tim keamanan dan kebersihan madrasah untuk lebih selektif dalam memberikan pelayanan pengamanan madrasah dan meningkatkan

Acara evaluasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkandiakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para guru dan staf memiliki kesempatan untuk memberikan masukan dan saran. Edi Nanang menegaskan bahwa evaluasi ini bukan hanya sekadar ritual tahunan, tetapi sebagai momentum untuk refleksi dan perbaikan bersama demi kemajuan MAN Lumajang.

“Dengan kerja sama dan komitmen kita semua, saya yakin kita bisa membawa MAN Lumajang menjadi madrasah yang lebih unggul dan berprestasi,” tutupnya.

Evaluasi stakeholder madrasah tahun ajaran 2023-2024 ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang signifikan mengenai komitmen MAN Lumajang dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui evaluasi menyeluruh dan berkesinambungan. (TF)

Leave a Comment