http://manlumajang.sch.id, HUMAS-Pada tahun 2024, kegiatan Shalat Idul Adha diadakan di Masjid Al Hikmah, MTSN 1 Lumajang. Acara ini telah menjadi tradisi tahunan sebagai wujud komitmen untuk menjadikan MTSN 1 dan MAN Lumajang sebagai Madrasah Terpadu Model Pondok Pesantren (Madu MPP). Shalat Idul Adha bersama ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTSN 1, siswa-siswi MAN Lumajang, serta seluruh ustadz dan ustadzah MAN Lumajang. Bertindak sebagai imama dan khotib ustadz Uce Syaifur Rohim, Serbet, Senin (17/06/2024).

Kegiatan ini tidak hanya mempererat silaturahmi antar peserta didik dan tenaga pendidik, tetapi juga meningkatkan semangat kebersamaan dalam menjalankan ibadah. Selain melaksanakan shalat Idul Adha bersama, kegiatan juga mencakup penyembelihan hewan kurban berupa tujuh ekor kambing. Dari ketujuh ekor kambing tersebut, tiga ekor akan disalurkan ke Kampus 2 Sumber Mujur Candipuro, satu ekor ke Masjid Al Ghazali, satu ekor ke Masjid Mambaul Hikam, satu ekor ke Masjid Al Huda Suko, dan satu ekor ke masjid di perumahan Suko. Selain itu, para santriwan dan santriwati Jouhratul Kamal, mahasiswa KKN, dan ustadz-ustadzah juga menyumbangkan dua ekor kambing yang akan disalurkan ke Panti Asuhan PC Fatayat Kabupaten Lumajang. Penyebaran daging kurban ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat sekitar dan meningkatkan rasa syukur serta kebersamaan di Hari Raya Idul Adha.

Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd., menyambut baik kegiatan Shalat Idul Adha bersama dan penyembelihan hewan kurban di beberapa lokasi.

“Kegiatan ini dilakukan agar kita lebih dekat dengan masyarakat dan menjadikan Lumajang selalu ada di hati. Ini adalah bukti bahwa kita sebagai makhluk sosial harus selalu peduli terhadap lingkungan sekitar kita, memberikan pelayanan terbaik dalam bidang sosial kemasyarakatan, pendidikan, kepedulian, dan persaudaraan dalam membimbing serta membina masyarakat religius,” kata beliau.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial kepada para siswa. Dengan turut serta dalam proses penyembelihan dan penyaluran daging kurban, siswa-siswi diajarkan tentang arti penting berbagi dan bagaimana tindakan kecil dapat memberikan dampak besar bagi mereka yang membutuhkan.

Program ini akan terus dilaksanakan, terus berinovasi, dan terus berkarya, menunjukkan komitmen dalam membangun masyarakat yang religius dan peduli. Melalui kegiatan ini, MTSN 1 dan MAN Lumajang berharap dapat terus mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar dan memberikan kontribusi nyata dalam berbagai bidang, terutama dalam pendidikan dan sosial keagamaan. Ini adalah langkah nyata dalam upaya menjadikan MTSN 1 dan MAN Lumajang sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan sosial. (TF)

Leave a Comment