HUMAS-Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan program tahunan dari KSKK Kementerian Agama RI yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan kompetensi siswa madrasah seluruh Indonesia dalam menyiapkan generasi emas tahun 2045. Sebagai program prioritas Kementerian Agama RI, seluruh madrasah, khususnya Madrasah Aliyah (MA), baik negeri maupun swasta, diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut, Minggu (30/06/2023).

MAN Lumajang, sebagai satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri di Lumajang, menghadapi tantangan besar untuk menyiapkan peserta didik terbaiknya agar dapat berkompetisi dengan 83 Madrasah Aliyah se-Kabupaten Lumajang. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sucik Isnawati, S.Pd., menegaskan pentingnya pembinaan secara rutin untuk meraih prestasi di tingkat kabupaten. “Melakukan pembinaan secara rutin guna meraih prestasi di tingkat Kabupaten Lumajang,” ujar Sucik Isnawati.

Di sela-sela pembinaan calon peserta KSM MAN Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag.M.Pd., memberikan motivasi kepada siswa. “Keberhasilan dan kesuksesan dalam prestasi terletak pada diri sendiri untuk berprestasi, waktu yang cukup untuk berlatih/belajar dengan dukungan lembaga dan gerakan spiritual setelah berikhtiar,” ucap Edi Nanang Sofyan Hadi.

Pembinaan yang kontinyu, terjadwal, serta instruktur dan pembina yang handal merupakan kunci untuk melahirkan generasi unggul yang mampu meraih prestasi. MAN Lumajang menjalankan program unggul dalam bidang prestasi akademik dan non-akademik dengan dukungan pengurus dan pembina yang memadai, serta anggaran yang luar biasa cukup. Hal ini diharapkan dapat melahirkan juara-juara baru, tidak hanya di bidang non-akademik seperti voli dan futsal, yang selama ini menjadi kebanggaan, tetapi juga di bidang akademik, termasuk OSN, KSM, dan lomba olimpiade lainnya.

Dalam persiapan menghadapi KSM tingkat Kabupaten Lumajang yang akan diadakan pada 01 Juli 2024, MAN Lumajang telah melakukan berbagai langkah strategis untuk memastikan keberhasilan peserta didiknya. Dengan pembinaan yang intensif dan dukungan penuh dari seluruh komponen madrasah, MAN Lumajang optimis dapat meraih banyak prestasi, baik secara individu maupun kelompok.

Kesuksesan dalam KSM ini bukan hanya tentang kemenangan semata, tetapi juga merupakan wujud dari kerja keras, dedikasi, dan semangat juang seluruh siswa dan pendidik. Dengan doa dan usaha yang maksimal, MAN Lumajang berharap dapat membawa pulang banyak medali dan mengharumkan nama madrasah di tingkat kabupaten, provinsi, dan bahkan nasional.

Persiapan dan Strategi MAN Lumajang

Persiapan yang matang menjadi kunci utama untuk mencapai prestasi gemilang di ajang KSM. MAN Lumajang telah memulai pembinaan intensif sejak awal tahun, dengan fokus pada penguatan materi pelajaran yang diujikan serta peningkatan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Pembinaan ini tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan bimbingan khusus.
Selain itu, MAN Lumajang juga menggandeng para ahli dan alumni yang berprestasi untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada peserta didik.

“Kami yakin dengan bimbingan dari para ahli dan alumni, siswa-siswa kami dapat memperoleh perspektif baru dan strategi yang efektif untuk menghadapi kompetisi,” tambah Edi Nanang Sofyan Hadi.

Dukungan Penuh dari Komunitas

Keberhasilan dalam kompetisi seperti KSM tidak lepas dari dukungan penuh dari seluruh komunitas madrasah, termasuk guru, staf, orang tua, dan masyarakat sekitar. Kepala Madrasah MAN Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag.M.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan yang telah diberikan.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang luar biasa dari seluruh pihak. Dukungan ini menjadi motivasi besar bagi siswa kami untuk berprestasi,” ujar Edi Nanang Sofyan Hadi,S.Ag.M.Pd

Harapan Menuju Masa Depan

Dengan segala persiapan dan dukungan yang telah diberikan, MAN Lumajang berharap dapat mencetak prestasi yang membanggakan di KSM Kabupaten Lumajang 2024.

“Kami yakin siswa-siswa kami dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan meraih prestasi yang gemilang. Ini adalah langkah awal menuju kesuksesan yang lebih besar di tingkat provinsi dan nasional,” pungkas Edi Nanang Sofyan Hadi.

Dengan semangat dan optimisme yang tinggi, MAN Lumajang siap untuk bersaing dan meraih prestasi di KSM Kabupaten Lumajang 2024, membawa nama baik madrasah dan menginspirasi generasi mendatang untuk terus berprestasi. (TF)

Leave a Comment